Sambutan Dirut PT. Pertamedika-IHC dalam Munas ke VI SP Pertamedika

Malang, Selasa 25 Juni 2019

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat siang dan salam sejahtera

Yang saya hormati,

Direktur SDM Pertamina (Persero) Bapak Kushartanto Koeswiranto

Ketua Umum DPP SP Pertamedika beserta jajarannya

Para Ketua DPC SP Pertamedika beserta jajarannya

Para Undangan dan hadirin sekalian

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena berikut rahmat dan hidayahnya, maka pada hari ini kita dapat mengikuti Acara Musyawarah Nasional VI Serikat Pekerja (SP) Pertamedika, dalam keadaan sehat wal’afiat.

Saudara – saudara yang saya banggakan,

Pertama – tama perkenaankan saya memperkenalkan diri saya dan jajaran BOD Pertamedika IHC yang baru yaitu :

Direktru Utama : Dr. dr. Fathema Djan Rachmat, Sp. B, Sp. BTKV (K)

Direktur Keuangan : Catur Dermawan, S.E.Akt, M.M

Direktur Operasional Medis : dr. Abdul haris Tri Prasetyo, Sp.PD

Direktur Pengembangan Bisnis : dr. novalina Anwar, M.HKes

Kami mengucapkan selamat atas terselenggaranya Musyawarah Nasioanal VI Serikat Pekerja Pertamedika, Hendaknya momentum ini menjadi spirit bagi saudara – saudara untuk menjadika Serikat Pekerja Pertamedika sebagai Rumah Besar bagi Pekerja sekaligus sebagai Mitra Perusahaan dalam memperjuangkan kepentingan Pekerja dan Perusahaan.

Para hadirin yang berbahagia,

Pekerja merupakan mitra kerja pengusaha yang sangat penting bagi proses produkdi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya, menjamin kelangsungan perusahaan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kehadiran Serikat Pekerja sebagai sarana untuk memperjuangkan kepentingan pekerja haruslah diiringi dengan rasa tanggungjawab atas kelangsungan perusahaan dan begitu pula sebbaliknya. Pengusaha harus memperlakukan pekerja sebagai mitra sesuai harkat dan martbat kemanusiaan.

Sebagai organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja, keberadaan SP PERTAMEDIKA diharapkan dapat mewujudkan hak berserikat dengan maksimak, terutama dalam memperjuangkan, melindungi dan membela kepentingan serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Pekerja, Serikat Pekerja dan Perusahaan dituntut untuk menjalin dan memnina kemitraan yang harmonis. Kemitraan antara Perusahaan dengan Serikat Pekerja yang berjalan baik, sehat dan harmonis akan menudorong tumbuhnya kinerja perusahaan dan meningkatkan kesejahteraan pekerja. Disamping itu, para pekerja sebagai unsur terpenting dalam dunia usaha harus bekerja secara baik dan professional.

Memang tidak dipungkiri, seiring perjalanan waktu hubungan antara pekerja dan pengusaha kadang diwarnai dengan perbedaan sehingga menimbulkan gejolak ketenagakerjaan. Oleh karena itu setiap mengahdapi persoalan, hendaknya lebih mengedepankan komunikasi atau dialog. Serikat Pekerja dalam memperjuangkan aspirasi dan hak – haknya akan lebih efektif apabila melakukan dialog untuk mencari solusi yang menguntungkan semua pihak. Apabila kondisi ini dapat kita pelihara dengan baik, bearti kita Bersama – sama membangun win – win solution, karena pengusaha dapat menunaikan corporate responbility yang dirasakan juga manfaatnya oleh pekerja.

Para hadirin yang berbahagia,

Pertamedika adalah usaha industry jasa pelayanan kesehatan yang besar bagi bangsa ini karena sejak tanggal 22 Maret 2017 Pertamedika telah ditunjuk sebagai holding Rumah Sakit BUMN yang merupakan bentuk sinergi antara BUMN dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Oleh karena itu, di tangan kitalah masa depan perusahaan dipertaruhkan. Pembagunan bidang kesehatan yang berkelanjutan di negeri ini akan terganggu bila seluruh atau sebagaian komponen bangsa ini tidak dapat terpenuhi dalam mendapatkan layanan kesehatan dengan baik.

Bila pembangunan nasional bidang kesehatan terganggu, maka tidak menutup kemungkinan bahwa bangsa Indonesia yang telah dipertahankan dengan susah payah oleh para pendahulu kita akan tenggelam karena kalah bersaing dalam persaingan global. Oleh karena itu, mari Bersama – sama kita satukan tekad untuk senantiasa meningkatkan kinerja Pertamedika dari waktu ke waktu dengan seoptimal mungkin, menjadikan Pertamedika sebagai korporasi bisnis kesehatan terdepan dan terpercaya melalui penciptaan dan pengelolaan Unit Usaha yang memiliki keunggulan bersaing berkelanjutan di pasar domestik dan pasar global.

Wilayah NKRI terbentang luas dari Sabang hingga Merauke, terdiri dari 17.508 pulau, dengan penduduk sebanyak 267 juta jiwa yang terdiri dari 1.331 suku bangsa, 746 bahasa daerah, dengan garis pantai sepanjang 99.093 km persegi. Kita tidak dapat membayangkan, apabila Pertamedika tidak mampu memberikan layanan kesehatan terbaik bagi seluruh elemen bangsa, khususnya di daerah-daerah terluar, terpencil, dan perbatasan, hal ini dapat menimbulkan gangguan pembanguan bangsa disektor kesehatan. Disinilah peran vital Pertamedika dalam mempertahankan keutuhan negara Indonesia, dan sekaligus menjadi trend setter / Power House Rumah Sakit di Indonesia bagi kepentingan seluruh bangsa Indonesia dengan didukung 13 rumah sakit Unit Usaha Pertamedika yang tersebar di bumi pertiwi, dan RS BUMN yang tergabung dalam Indonesia Healthcare Corporation (IHC).

Saudara – saudara yang saya banggakan,

Seperti yang sama – sama kita ketahui, tahun 2018 merupakan masa yang cukup sulit bagi Pertamedika. Kita mengalami penurunan kinerja yang cukup signifikan.

Namun, kita tidak boleh berlarut dalam kondisi yang kurang menyenangkan tersebut, marilah Bersama – sama Perusahaan dengan jajaran BOD yang baru dan dibantu oleh Serikat Pekerja bersinergi melakukan upaya – upaya guna memwujudkan perusahaan tetap sustain dan growth.

Tantangan ke depan bidang industry jasa pelayanan kesehatan adalah ketatnya persaingan global, era BPJS dan era VUCA yang mana dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang handal. Melalui momentum Musyawarah Nasional ke VI Serikat Pekerja (SP) Pertamedika ini, mari kita sebagai insan Pertamedika bertekad untuk senantiasa meningkatkan kapabilitas kita. Saya yakin Ketua Umum DPP dan Ketua DPC SP Pertamedika beserta jajarannya mampu menghimpun para anggotanya untuk dapat bersinergi secara global dalam mencapai visi dan misi Pertamedika.

Para hadirin yang berbahagia,

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan semangat Musyawarah Nasional ke VI SP Pertamedika ini, dapat semakin memotivasi kita untuk meningkatkan kinerja dan memberikan manfaat yang sebesar – besarnya bagi perusahaan dan masyarakat Indonesia umumnya. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala langkah dan usaha kita.

Akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirohmanirrokhim Musyawarah Nasional ke VI Serikat Pekerja (SP) Pertamedika resmi saya nyatakan DIBUKA.

Billahi taufik wal Hidayah

Wassalamu’alaikum warahmutallahi wabarakatuh

Malang, 25 Juni 2019

Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC

Dr. dr. Fathema Djan Rachamt, Sp.B, Sp.BTKV (K)  

Author: SP PERTAMEDIKA

Dewan Pengurus Pusat Serikat Pekerja PT. Pertamina Bina Medika (PERTAMEDIKA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *